22 January 2011

Rukun Islam

Rukun Islam itu ada 5 (lima), yaitu :
  1. Mengucapkan dua kalimat Syahadat.
  2. Mengerjakan shalat.
  3. Mengeluarkan zakat.
  4. Berpuasa pada bulan ramadhan.
  5. Menunaikan ibadah haji bila mampu.

Keterangan :

1. Dua kalimat syahadat yaitu : Dua perkataan pengakuan yang diucapkan oleh lisan dan dibenarkan oleh hati serta dibuktikan dengan perbuatan, untuk menjadikan dirinya seorang Islam.

Adapun lafadz  kalimat syahadat yaitu :












Asyhadualla ilaha ilallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah

Artinya:
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah,
Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Dua kalimat syahadat itu masing-masing terdiri dari :

Syahadat Tauhid - artinya pengakuan akan ke Esa-an Allah.
Syahadat Rasul - artinya pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Dua kalimat syahadat merupakan gerbang pintu seseorang menjadi muslim, dan inilah syarat yang pertama kali yang harus dikerjakan, sebelum mengerjakan kewajiban­kewajiban yang lain-lainnya.
Apabila ada seseorang yang bukan Islam telah membaca dua kalimat syahadat itu dengan sungguh-sungguh, yakni membenarkan dengan hati apa yang diucapkannya, serta memahami apa yang diucapkan, maka dengan sendirinya orang itu telah menjadi orang Islam, dan wajiblah ia mengerjakan rukun yang lima.


2. Mengerjakan shalat lima waktu dalam sehari semalam itu adalah wajib bagi seorang muslim laki dan perempuan. Bagi perempuan yang haid maka tidak wajib baginya untuk mengerjakan shalat. Dimana saja dan kapan saja sholat itu harus ditegakkan dan dilaksanakan. Tidak bisa berdiri, boleh dengan duduk, tidak bisa duduk boleh dengan berbaring, tidak bisa berbaring boleh dengan isyarat, tidak bisa isyarat maka dengan hati.

3. Mengeluarkan zakat itu wajib bagi seseorang yang mampu dan mencukupi nisab yang telah ditentukan. Zakat itu sebagai pembersih dan penyuci hati/jiwa bagi yang menge­luarkannya.

4. Berpuasa di bulan Ramadhan itu wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan. Bagi perempuan yang haid maka tidak wajib baginya untuk mengerjakan puasa Ramadhan.

5. Menunaikan Haji adalah wajib bagi orang yang sudah mampu. Mampu dalam arti yang seluas-luasnya, mampu ilmunya, mampu hartanya, mampu fisiknya.

0 comments:

Post a Comment